INVESTASI

Rencana keuangan akan membantu Anda mewujudkan rencana Anda untuk menabung dan berinvestasi.

PENDIDIKAN

Persiapkan Dana Pendidikan Anak-anak anda dari Awal.

Sukses Itu Sulit

Sukses Itu Sulit, Namun Lebih Sulit Lagi Kalau Tidak Sukses

Perlu Perencanaan

Rencana keuangan bisa Anda gunakan sebagai alat analisis, dan juga peta keuangan.

UANG

Uang Bisa Pergi Kapan Saja iika Anda tidak Bisa Mengelolanya dengan baik.

PENGAWASAN INTERNAL BEGITU PENTING!


Dalam Mewujudkan Tata Kelola Koperasi Kredit, Peran Pengawasan Internal begitu Penting. Pemeriksaan dan pengawasan seharusnya setiap saat, sehingga jika ada temuan kasus dapat dievaluasi lebih awal.

Menurut Artikel Internal AuditIndonesia(internalauditindonesia.wordpress.com ) ada 7 Aspek Penting Pengawasan Internal.

Dalam konteks Retail Risk Management, aspek pengawasan memegang peran penting dalam menegakkan peraturan perusahaan dan meningkatkan kinerja operasional perusahaan. Tak jarang, karena pengaruh budaya “pakewuh”, sungkan, hutang budi di masa lalu, seniorioritas, maka pengawasan internal jadi tak berjalan efektif.

7 aspek penting tersebut diantaranya:

1. Petugas pengawas yang berkualifikasi dan di-upgrade pengetahuan dan keterampilannya setiap tahun dengan berbagai pelatihan yang mendukung.

2. Pembaharuan Peraturan (peraturan perusahaan, code of conduct, kode etik) secara periodik. Jauh lebih baik bila di-review dua tahun sekali.

3. Struktur yang independen. Antara lain langsung melaporkan segala temuan ke pimpinan tertinggi organisasi.

4. Mutasi / rolling bagi petugas pemeriksa (semisal Petugas Internal Audit Cabang, Pengawas Internal Cabang, Loss Prevention Regional) maksimal 4 tahun sekali.

5. Mekanisme pelaporan yang apik, efisien dan efektif, antara lain dengan menggunakan teknologi informasi yang dapat diakses oleh bagian Intenal Audit, Risk Management, Hubungan Industrial, Direktur Risk Management dan Audit Comitee.

6. Adanya perencanaan pengawasan per bulan secara spesifik dan pelaporan per 3 bulan kepada Board of Director / Komisaris.

7. Performance Appraisal yang mana aspeknya harus relevan sebagai bagian organiasasi yang berfungsi pencegah, mengawasi dan memberikan solusi pada setiap masalah. Antara lain, tidak membobotkan aspek penilaian kinerja pengawass hanya pada aspek kecilnya nilai kerugian, tapi harus juga pada aspek berapa banyak aspek pencegahan yang dapat dideteksi, seberapa cepat masalah diselesaikan, dan service level pengawasan operasionalnya.

Menurut saya Sudah saatnya Credit Union / Koperasi Kredit punya divisi pengawasan Internal. Kalau Tidak dimulai saat ini kapan Lagi????

APBK


Anggaran Pendapatan dan Belanja Keluarga
by:Admin
Uang Bukan Segalanya Namun Jika Anda tidak bisa mengatur keuangan maka uang akan jadi sumber Malapetaka. Mungkin Anda Pernah mendengar atau mungkin anda pernah mengelami. Mis: ada orang yang baru gajian, namun belum juga datang akhir bulan di rekening sudah kosong / sudah tidak ada saldo. Dan tidak tahu kemana uang tersebut atau digunakan serta untuk post apa saja juga tidak tahu. Ini teradi karena tidak ada pencatatan dan post- pengeluaran yang tidak terencana dengan baik.
Itu Mungkin Cerita Dulu Sebelum anda Mengenal Credit Union Pancur Kasih heeeee.!
Mungkin Sekarang ceritanya berbeda karena Anda sudah bergabung dengan CU Pancur Kasih dan pernah belajar membuat APBK(Anggaran Pendapatan dan Belanja Keluarga).
Apa Itu APBK?
Anggaran Pendapatan dan Belanja Keluarga merupakan suatu rencana keuangan di masa akan datang dalam periode tertentu yang menggambarkan alokasi income (penghasilan) yang diperoleh oleh suatu keluarga atau seseorang untuk membiayai belanja-belanja yang diperlukan dalam periode yang sama.


Apa manfaat membuat APBK?
Anda bisa Menentukan target pendapatan dan pengeluaran keluarga, Bisa Mengendalikan keinginan membelanjakan uang untuk pos-pos unbudgeted, sehingga mampu menekan pemborosan keuangan keluarga, Mengetahui sejauh mana realisasi dari APBK tersebut, Meningkatkan semangat untuk memenuhi realisasi sumber-sumber pendapatan yang telah ditetapkan dalam budget.
Apa Tujuan APBK?
Tujuan APBK Memberikan arah pada perencanaan keuangan keluarga. Tujuan yang baik memiliki ciri sebagai berikut: realistis, spesifik dan terukur.
APBK materi penting pada Pendidikan Dasar CU
APBK merupakan salah satu materi penting yang disampaikan fasilitator ketika memberikan pelatihan/pendidikan CU. Tujuan diberikannya APBK agar anggota CU cerdas merencanakan, mengelola keuangan Keluarga. Anggota CU diharap mampu merencanakan sebelumnya anggaran yang dikeluarkan dari Total pendapatan/ penghasilan Suami/Istri. Selain Tujuan diatas Anggota CU juga diharap selalu mengutamakan menabung minimal 10% dari penghasilan.
Semoga Keuangan Keluarga Anggota Credit Union semakin baik.