Maju mundurnya sebuah lembaga tergantung pada kepemimpinannya, dimana seorang pemimpin yang berhasil adalah pemimpin yang mampu melahirkan kader-kader baru atau pemimpin-pemimpin baru di sebuah lembaganya apakah itu melalui pengedokan dengan sitem kaderisasi atau melalui pelatihan kepemimpinan. Pada tahun buku 2012 ini Credit union Pancur Kasih Fokus pada 3 hal yaitu :
1. Pemasaran
2. Peningkatan kualitas anggota
3. Peningkatan kualitas pengelola
Dengan fokus pada kualitas pengelola dimana semua jajaran baik pengurus, dan managemen diharapkan semakin baik dan berkualitas dalam memberikan pelayanan yang SEJATI pada seluruh anggotanya. Di Era Modern ini, tuntutan terhadap suatu lembaga bisnis semakin tinggi dimana kancah persaingan semakin ketat maka kualitas pengelola sangat penting agar sebuah lembaga berkesinambungan dan mampu bersaing, dimana semua unsur dituntut lebih profesional demi menjaga dan meningkatkan etos kerjanya sangatlah tinggi. Kualitas produk dan layanan, efisiensi, kreativitas, serta beberapa aspek lain dlam memenangi persaingan bisnis merupakan hal yang terus di tekankan untuk selalu ditingkatkan oleh lembaga yang berkesinambungan dan terdepan terutama di kancah bisnis.
Apabila kita amati dengan teliti, meningkatnya etos dan kualitas kerja suatu organisasi/lembaga bisnis, sangat tergantng pada kualitas individu dalam organisasi bisnis itu sendiri. Oleh karna itu, SDM, merupakan faktor paling penting dalam menciptakan keunggulan kompetitif yang berkesinambungan. Dan, sebagai sumber keunggulan kompetitif, maka engagement (keterlibatan) dan kinerja karyawan, dapat menjalankan atau menggagalkan setiap strategi organisasi bisnis yang dituangkan dalam road maap dan ti turunkan dalam target-target dan sasaran yang akan cicapai dalam program kerja yang telah ditetapkan dan dimandatkan dalam RAT maka kerjasama sangat diperlukan untuk mencapainya terutama untuk mencapai good corporate governance (GCG) terutama yang berkaitan dengan tata kelola perusahaan yang baik tentu harus didukung oleh tenaga pengelola yang profesional dan kompeten di bidangnya salah satunya setiap manager TP wajib mengikuti sertifikasi manager apakah mereka kompeten mengelola TP nya.
Selain konsep GCG konsep pengelolaan dengan Engaged Performance (EP) dimana merupakan hasil yang dicapai oleh suatu lembaga dengan cara merangsang antusiasme karyawan terhadap pekrjaannya dan mengarahkannya pda kesuksesan organisasi tersebut berusaha melihat diri sendiri serta selalu berani keluar dari zona nyaman dan mampu merubah diri serta menyesuaikan diri dengan persaingan, tekanan kerja, serta perubahan arus teknologi dan informasi yang sangat cepat.
Dengan kata lain, karyawan terlibat sepenuhnya dengan apa yg mereka lakukan tentu mengedepankan kerjasama dalam mencapai tujuan, dan terhadap organisasi tempatnya bekerja, akan mengerahkan upaya ekstra untuk mencapai strategi dan tujuan lembaga secara umum.
Dimana harapannya seluruh pengelola memiliki kerjasama tim yang solid keuntungan bagi lembaga bahwa mereka/staff akan tetap tinggal di lembaga dalam jangka waktu yg lama, sehingga organisasi/lembaga dapat menghemat biaya terkait dengan turn over karyawan.
Tujuan akhir dari peningkatan kualitas pengelola adalah sebagai berikut :
1. Efektifitas organisasi dan kepemimpinan yang dipersepsikan.
2. support dari organisasi kepada karyawan untuk memampukan mereka dalam menjalankan peran di pekerjaannya semakin terkontrol dan jelas.
3. Kewajaran dan keadilan organisasi dalam pengembangan dan penghargaan terhadap karyawan harus diutamakan.
4. Pendidikan dan pelatihan harus terus menerus di kembangkan baik dalam bentuk sharing seperti dalam Briping pagi dengan berlentera hati.
5. Selalu tau masalah yang ada pada diri sendiri dan lembaga terutama yang berkaitan dengan kualitas pelayanan kepada anggota.
Jadi, pada akhirnya, suatu organisasi bisnis yang ingin maju secara berkesinambungan, apapun bentuk dan skala usahaya, harus mampu menciptakan karyawan yang "berkualitas" punya sikap, moral yang baik cerdas emosional dan spiritual.
(Penulis : U9henn)
0 komentar:
Post a Comment