PARTISIPASI ANGGOTA CU

Credit Union hanyalah suatu alat untuk mencapai tujuan bersama, alat tersebut dapat berjalan bila para angota bisa bekerjasama, Sehingga pernah muncul istilah “Anda susah Saya Bantu, Saya Susah Anda Bantu”. Dengan demikian yang bisa menghidupkan sarana untuk memperbaiki kehidupan yang berdasar atas kegotong-royongan atau kekeluargaan tidak lain adalah partisipasi anggota. Partisipasi anggota diukur dari kesediaan anggota itu untuk memikul kewajiban dan menjalankan hak keanggotaan serta bertanggung jawab jika sebagian besar anggota CU sudah menunaikan kewajiban dan melaksanakan hak serta bertanggung jawab, maka partisipasi anggota CU yang bersangkutan sudah dikatakan baik. Akan tetapi jika ternyata hanya sedikit yang demikian, maka partisipasi anggota CU dimaksud dikatakan buruk atau rendah.

Kewajiban dan Hak Anggota Credit Union

Ketika terdaftar menjadi anggota Credit Union Khususnya CU Pancur Kasih, Para anggota memberikan kontribusinya terhadap pembentukan dan pertumbuhan Kopdit/CU dalam bentuk kontribusi keuangan (penyerahan simpanan pokok, simpanan wajib yang merupakan simpanan kepemilikan(Saham). kewajiban anggota adalah melakukan simpanan wajib, simpanan pokok, simpanan wajib dan simpanan non saham Lainnya serta dalam pinjaman/kredit. .

Kemudian hak anggota CU adalah mendapatkan pelayanan fasilitas dari CU

Ciri-Ciri Anggota CU Yang Berpartisipasi Baik:

  • Anggota yang Melunasi simpanan pokok dan simpanan wajib secara tertib.
  • Menghadiri rapat atau pertemuan anggota secara aktif
  • Menggunakan hak untuk mengawasi jalannya usaha koperasi, mengetahui anggaran dasar dan rumah tangga, peraturan-peraturan lainnya dan keputusan bersama lainnya
  • Aktif dalam melakukan transaksi yang dilayani CU
  • Anggota yang aktif dalam melunasi Simpanan pokok, Simpanan Wajib dan Membayar Angsuran Pinjaman.

Komitmen Anggota.

Agar Credit Union Pancur Kasih terus eksis dan berkesinambungan maka partisipasi anggota dari tahun ketahun harus ditingkatkan, dalam upaya tersebut CUPK terus memprogramkan pendidikan yang standard dan berkelanjutan bagi anggota. Pengelola juga terus berinovasi untuk terus menjaga kepercayaan dan komitmen anggota terhadap Credit Union Pancur Kasih (BA).

3 komentar:

Adil katalino bacuramin ka saruga. Saya jd anggota CU PK dri thn 2005. Keluarga inti saya, istri dan tiga org anak saya sdh jdi anggot. Ada 1 pembelajaran yg berharga dri CU PK yaitu mengelola keuangan dgn melibatkan anggota keluarga yakni mdnyusun ABK. Puji Tuhan saya sdh memetik buah yg saya tanam di CU.(Pernah jadi anggota POKTI TP Samalantan)

Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda perlu
pinjaman untuk memulai bisnis atau untuk membayar tagihan Anda?
Kami memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan bantuan dan kami memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%.
Terapkan Sekarang Via Email: kellywoodloanfirm@gmail.com
Terima kasih
Terima kasih dan Tuhan memberkati
Ibu Kelly

Post a Comment