Mengenal Istilah Simpanan dan Pengelolaan Keuangan di Credit Union

Asset Liability Management (ALM)
Asset Liability Management (ALM) - Proses koordinasi pengelolaan aset entitas dengan pengelolaan kewajibannya. Sebuah lembaga Keuangan, dalam kegiatan usaha normal, menanggung risiko keuangan dengan membuat pinjaman (aktiva) pada tingkat suku bunga yang berbeda dari harga yang dibayarkan pada deposito (kewajiban). Simpanan sering memiliki jatuh tempo lebih pendek dari pinjaman dan menyesuaikan dengan harga pasar saat ini lebih cepat dari pinjaman. Hasilnya adalah neraca mismatch antara aset dan kewajiban.

Fungsi Asset Liability Management pada Credit Union adalah untuk mengukur dan mengendalikan tiga tingkat resiko keuangan: Risiko Suku Bunga (perbedaan harga antara kredit dan deposito), Risiko Kredit (kemungkinan default), dan Risiko Likuiditas (terjadi pada saat kredit dan deposito mempunyai jatuh tempo yang berbeda).

Simpanan Wajib (Compulsory Savings).
Pembayaran Simpanan Wajib biasanya diperlukan sebagai syarat untuk keanggotaan/kepemilikan, dalam sebuah Credit Union/kopdit atau sebagai bagian dari persyaratan pinjaman .Simpanan wajib adalah simpanan yang harus dipenuhi oleh setiap anggota Walaupun dalam kebijakan setiap kopdit/credit union kebijakannya berbeda: ada yang langsung disetorkan sekaligus ada juga yang disetorkan perbulan.
Simpanan wajib di CU Pancur Kasih sampai saat ini masih 10.000 perbulan, dan biasanya ditetapkan dalam RAT.


Kontrak Simpanan(Programmed Savings)

Simpanan dimana anggota berkomitmen untuk secara teratur menyimpan jumlah yang tetap untuk jangka waktu tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Setelah tanggal jatuh tempo, anggota dapat menarik seluruh jumlah ditambah balas jasa simpanan/bunga yang diperoleh. Penarikan awal dilarang atau didenda. Kontrak produk membantu deposan menghimpun dana untuk memenuhi kebutuhan spesifik yang diharapkan, seperti biaya yang terkait dengan sekolah , bisnis baru, pembelian peralatan, atau rumah baru. Mereka juga membantu lembaga-lembaga keuangan yang lebih baik memprediksi volume dan waktu deposito dan penarikan.

Manajemen resiko(Risk Management)

Manajemen Risiko - Sebuah pendekatan sistematis untuk mengidentifikasi, mengukur, memantau dan mengelola risiko usaha dalam sebuah Lembaga

(By Admin)

Bersambung…..

0 komentar:

Post a Comment